Warga Papua Tolak Peringatan HUT OPM

liputan6 Masyarakat Papua menolak rencana peringatan ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang bakal digelar Sabtu (1/7). Sebagian kecil masyarakat Papua masih menganggap 1 Juli hari ulang tahun OPM.

Hal tersebut disampaikan Ketua Barisan Merah Putih (BMP) Ramese Ohee kepada wartawan di Jayapura, Kamis (29/6).

“Kami menolak segala bentuk kegiatan dari kelompok mana pun, termasuk Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang akan melakukan kegiatan dalam rang HUT OPM 1 Juli 2017,” katanya.

liputan6 Pihaknya juga meminta aparat hukum menindak tegas kelompok yang akan melaksanakan kegiatan peringatan ulang tahun OPM, karena bertentangan dengan peraturan perundangan dan menimbulkan keresahan di masyarakat Papua.

Sementara itu, Wakapolres Mimika, Kompol Arnolis Korowa menyatakan pihaknya bersama aparat TNI siap membuat wilayah Papua tetap kondusif.

“Ini sudah 2017, kita sudah lewati yang begini-begini dan sejauh ini tetap kondusif. Tanggal 1 Juli itu masuk dalam kalender kamtibmas yang jadi atensi Polda Papua dan jajarannya, termasuk Polres Mimika,” katanya.

Hingga Kamis (29/6) siang, lanjutnya, belum ada organisasi atau kelompok masyarakat yang mengajukan permohonan izin untuk memperingati HUT OPM.

“Silakan masukkan pemberitahuan, nanti kami jawab dengan melihat siapa yang bertanggung jawab. Yang jelas, apa pun yang dilaksanakan masyarakat, sejauh itu tidak bertentangan dengan aturan, sah-sah saja. Tentunya harus ada penyampaian ke polisi sebelumnya,” jelas Korowa. liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *